Jumat, 23 Agustus 2013

Celah waktu

Setidaknya sudah hampir lima tahun ini, aku tak punya feel apapun terhadap weekend. Buatku hari-hari di akhir pekan juga tanggal merah adalah hari kerja. Belum lagi aturan di tempat kerja: sehari libur -selain weekend day dan tanggal merah- dan dua hari nge-shift dalam seminggu. Lalu kapan aku bisa meluangkan waktu buat menyalurkan hasrat bersepeda?
Fase ini adalah fase meratapi diri tapi akhirnya aku mulai mendapat pencerahan: ada banyak cara buat bertualang! Lamanya waktu libur memang ekuivalen dengan lamanya berpetualang. Jika aku berpikir seperti ini maka jelas aku akan makin sakit hati. Pola pikir berubah, akhirnya menjadi: waktu libur yang tidak cukup lama harus diisi dengan liburan yang berkualitas. That's right!
Saat masa-masa sesat pikir di mana yang kuanggap penting adalah lama waktu liburnya, seorang teman pesepeda yang kuanggap senior pernah memberi tahuku tentang S24O. Baru belakangan saat fase pencerahan datang, kembali kugali apa itu S24O. Tak hanya menemukan definisi S24O tapi juga mendapati microadventure dan touring bersambung. Baik S24O, microadventure maupun touring bersambung punya semangat yang sama: nikmati waktu liburmu yang singkat dengan liburan (baca: petualangan) yang menarik.
"S24O is an abbreviation for sub-twenty-four-overnight, a style of bicycle camping promoted by Grant Peterson. ... Unlike conventional touring, the S24O encourages going on short (sub twenty-four hour) camping trips. ..." [wikipedia]
"You do not need to fly to the other side of the planet to do an expedition. You do not need to be an elite athlete, expertly trained, or rich to have an adventure. Adventure is only a state of mind. Adventure is stretching yourself; mentally, physically or culturally. It is about doing what you do not normally do, pushing yourself hard and doing it to the best of your ability." [ Alastair Humphreys]
Selain mendapati dua definisi tersebut, aku juga menemukan banyak sekali video juga blog tentang S24O maupun microadventure (cobalah googling!)
Definisi tentang S24O yang bersinggungan tentang camping ternyata juga fleksibel, memang lebih terkesan heroik jika benar-benar camping tapi toh tak ada salahnya menginap di penginapan. Untuk touring bersambung, aku belajar dari pengalaman seorang teman sesama penikmat bersepeda jarak jauh. Aku banyak bertanya pada beliau dan jika kudefinisikan dengan kata-kataku sendiri, touring bersambung adalah rangkaian touring menempuh jarak tertentu yang dilakukan bersambung -tidak langsung diselesaikan- dalam beberapa jeda waktu.
Akhirnya, selain day trip (bisa jadi masuk dalam definisi microadventure) yang sudah biasa kulakukan, aku juga ingin ber-S24O dan touring bersambung suatu waktu nanti. Waktu yang singkat bukan buat diratapi, selalu ada celah waktu di sana buat berpetualang.

Malang, 23 Agustus 2013
Saat pikiran ingin bertualang.

6 komentar:

  1. akhirnya saya bisa meluangkan waktu untuk melihat perjalanan bersepeda dan membaca buah pikir anda yg sangat bagus dan inspiratif buat saya,,,salam _/\_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon kritiknya lho, ini tulisan nyubi soalnya hehehehe

      Hapus
  2. Pokoke ngaspal, Kamerad :) Kapanpun ke manapun. Bahkan, sekadar keliling kota. Pokoke ngaspal ;)

    BalasHapus
  3. lahhh ...
    don't ever forget to enjoy weekends and holidays for fun bro ...
    it is sooo refreshing! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inginnya seperti itu nte, hanya saja tanggung jawab kerja jadi prioritas utama...memang beda feel weekend sama hari biasa

      Hapus